ASUS VivoBook A412DA Notebook Ringkas Temani Kegiatanku

Laptop sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia modern, termasuk aku sebagai mahasiswi disalah satu universitas di jawa timur. Hampir semua kegiatan yang aku kerjakan sudah berhubungan dengan laptop. Mulai dari catat-mencatat hingga tugas aku kerjakan menggunakan laptop.

Memang laptop sangat membantu sekali dalam melakukan setiap kegiatanku sebagai mahasiswi, dalam belajar maupun digunakan untuk hiburan, terutama nonton film drama hehe.

Namun tetap saja ada keluhan pada laptop, entah masalah karena berat, performa yang kurang memuaskan, ngelag, kapasitas yang kurang dan sebagainya. Tak heran jika teknologi akan selalu butuh inovasi dan pasti selalu memiliki perubahan.

Dan baru-baru ini aku melihat laptop yang benar-benar ringkas dan colorful, yaitu Asus VivoBook A412DA. Awalnya ragu melihat tampilannya yang begitu ringkas, apa sanggup untuk menjalankan software-software sekarang? Apalagi sekarang aku sudah menuju semester akhir pasti mulai banyak tugas-tugas, dan pastinya butuh kapasitas yang tidak sedikit, dan tentu gak mau terganggu masalah force close program, lemot, kekurangan space, dan sebagainya.

Karena aku orangnya kurang update soal komputer/laptop hehehe, jadi aku sangat-sangat skeptis dengan Asus VivoBook A412DA ini. Melihat tampilannya yang ringkas, aku merasa bahwa pasti kekurangannya pada komponen atau performanya.


Ternyata asumsiku terhadap laptop ini terpatahkan dong, ternyata setelah mengetahui kelebihannya malah aku makin suka sama notebook yang satu ini.

Kelebihan ASUS VivoBook A412DA


Siapa sih yang nggak kenal sama ASUS, salah satu perusahaan teknologi yang memproduksi komponen komputer, sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi dan sering kali mendapatkan penghargaan bergengsi.

Notebook keluaran Asus kali ini bekerjasama dengan AMD, salah satu perusahaan terbesar di dunia yang berbasis di Amerika Serikat.

Notebook keluarannya ini bukan sembarangan notebook, melainkan Ultrabook teringkas di kelasnya, dan mengklaim sebagai Notebook 14" terkecil di dunia.

Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan ASUS VivoBook A412DA

1. Laptop 14" Teringkas di Kelasnya

VivoBook A412DA ini merupakan laptop 14 inci terkecil di dunia, gila gak tuh. Tentu karena ukurannya yang unyu-unyu ini memiliki manfaat, diantaranya mudah dibawa-kemana-mana, ringan, tidak memakan tempat yang banyak.



Screen-to-body 87%, sudah menggunakan desain NanoEdge di keempat sisi, 5.7 mm ultraslim bezel, jadi tampilannya terlihat bezel-less sekali, pastinya sudah Full-HD display. Ini sangat berguna sekali saat mengerjakan tugas, apa lagi nonton film pasti puas banget liat layarnya tanpa terganggu bezel.

Laptop ini sangat ringan, karena beratnya hanya 1.5 kg (sudah termasuk baterai). Kebayang sih betapa kerennya laptop ini, laptop kecil, ringan dan colorful.

2. Kemampuan Prosesor AMD Ryzen Mobile Terbaru

Prosesornya menggunakan AMD Ryzen 3000 series atau Ryzen Mobile Gen-2. Ada 2 varian yaitu AMD Ryzen 3 dan AMD Ryzen 5, keduanya sama-sama keluaran terbaru dari AMD yang pastinya memiliki kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya.

AMD menawarkan beberapa teknologi di Ryzen 5 3500U yang lebih oke ketimbang versi sebelumnya. Diantaranya AMD SenseMI Technology, sebagai fitur pembelajaran dan membantu adaptasi prosesor AMD Ryzen menyesuaikan kinerjanya agar bekerja lebih maksimal. Zen Core Architecture, teknologi ini meningkatkan efisiensi energi, clock speed lebih tinggi dan core lebih banyak dari sebelumnya. Radeon Sync Technology, teknologi ini membantu memaksimalkan frame rate pada saat gaming. AMD Direct X 12 Technology, membantu kinerja yang cepat, high frame per-second, dan mengurangi latensi.



Dengan kelebihan yang ditawarkan Ryzen 3500U ini sangat mampu dalam melakukan multitasking dan juga gaming. Dengan desain yang begitu elegant, colorful, ringkas pastinya, bezel-less, namun mampu bekerja dengan maksimal untuk notebook sekelasnya.

3.  Pre-Install Windows 10 Original

Notebook Asus VivoBook A412DA ini sudah pre-install windows 10, jadi gak usah repot-repot install operasi sistemnya lagi, dan pastinya oraginal.

4. Tersedia fingerprint dan Windows Hello

Adanya fingerprint memudahkan dalam menjaga keamanan privasi, jauh lebih aman dan mudah ketimbang password biasa.

Selain itu juga, sudah mendukung fitur Windows Hello, yang berguna supaya login ke sistem operasi lebih cepat hanya dengan satu sentuhan.



5. Keyboard Yang Nyaman

Dengan keyboard backlit, VivoBook A412DA sangat cocok untuk digunakan di tempat redup cahaya, dengan konstruksi yang baik, dan desain yang ergonomis. Pastinya kukuh karena sudah diuji hingga 10.000 ketukan jadi bisa dipastikan daya tahan sangat kuat.

6. Daya Tahan Baterai Yang Memuaskan

Selain nggak ribet, daya tahan baterai VivoBook A412DA juga sangat kuat. Menggunakan baterai polimer-lithium berkualitas tinggi mampu melakukan komputasi sepanjang hari. Dan jangan khawatir soal ketahanan baterai, sudah tersedia pengisian daya baterai ekslusif dari ASUS yang mampu mencegah pengisian daya berlebih dan membantu menjaga baterai tetap dalam kondisi terbaik.

Selain itu, VivoBook A412DA sudah support fast charging, tentu ini sangat membantu produktivitas kita. Mengisi daya 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

7. Audio Ekslusif ASUS SonicMaster 

Teknologi Asus SonicMaster dirancang dengan tujuan memberikan pengelaman audio terbaik. Teknologi pada audio dari asus ini menjadi andalan pada product ASUS lainnya, karena mampu memberikan pengalaman audio terbaik, kuat dan bass yang lebih mendalam.

8. Port Yang Lengkap

Pada interface yang tersedia di ASUS VivoBook sudah sangat lengkap, yaitu Combo Audio Jack, USB Type-C, USB 3.1 Gen 1, USB 2.0, output HDMI, MicroSD. Sehingga memudahkan kita untuk menghubungan dari perangkat lain ke VivoBook ini.

9. Pilihan Warna Yang Colorful

Pada VivoBook A412DA tersedia beberapa pilihan warna, yaitu Silver, Peacock Blue, Coral Crush, dan Slate Grey. Jadi selain tampilannya yang kece, kita juga bisa menyesuaian warnanya sesuai selera kita.



Alasan Mengapa VivoBook A412DA Mampu Melengkapi Kegiatanku


Dari semua kelebihan yang ditawarkan oleh VivoBook A412DA, semuanya membantu dalam melakukan kegiatan kuliahku.

Ngomongin soal desain, tampilannya yang begitu kecil tentu memudahkan dalam melakukan kegiatan komputasi dimanapun dan kapanpun, karena ringan dan baterai yang kuat. Ditambah soal pilihan warna yang mengesankan.

Untuk urusan kenyamananpun sangat mumpuni, layar sudah FHD, bezel-less, keyboard yang ergonomis melengkapi kegiatan tulis menulis dan penggunaan multimedia lainnya, apalagi dipadu dengan performa dari AMD Ryzen yang membuat semua itu makin sempurna.

Saat transfer file pun tentu sangat terbantu karena sudah dilengkapi port yang banyak. Dan masalah keamanan file pastinya sangat terjaga, terbantu karena fingerprint serta Windows Hello yang mampu mempercepat login ke sistem operasi hanya dengan satu sentuhan.

Tak lupa soal kapasitas, karena kedua varian menggunakan 1TB HDD tentu sudah terbilang sangat banyak, bisa menampung banyak file tentunya.

Kalo dibilang keren, ya keren banget. Terutama karena tampilannya yang mungil, bezel-less, dan enteng bisa dengan mudah dibawa kemana saja, membuat aku makin suka sama laptop ini, apalagi performa yang di dukung AMD Ryzen. Walaupun tampilannya yang ringkas, performa tetap diutamakan.

3 Comments

  1. Nggak cuma mahasiswa aja sih yang butuh laptop dengan fitur dan keunggulan yang oke. Aku pun juga butuh laptop yang oke dan laptop idamanku adalah laptop terbaru dari ASUS ini. Btw, salam kenal ya, Kak.

    BalasHapus